Minggu, 01 Januari 2017

Petugas KNKT Mulai Investigasi Penyebab Kecelakaan Kapal Laut Zahro Express

Sebuah kapal wisata Zahro Express terbakar di tengah lautan dalam pelayarannya ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta. Selang beberapa saat setelah terbakar beberapa kapal yang berlayar di sekitar kapal Zahro Express langsung mendekat dan berusaha memberi pertolongan
Kapal Wisata Zahro Express Yang Terbakar
Sebuah kapal wisata Zahro Express terbakar di tengah lautan dalam pelayarannya ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta. Selang beberapa saat setelah terbakar beberapa kapal yang berlayar di sekitar kapal Zahro Express langsung mendekat dan berusaha memberi pertolongan.

Dalam sebuah foto badan kapal nampak hangus terbakar, kapal Zahro Express tercatat berlayar menuju Pulau Tidung Kepulauan Seribu dari dermaga pelabuhan Muara Angke pada jam 08.30 Waktu Indonesia Barat, 15 menit kemudian asap dilaporkan keluar dari ruang mesin kapal, seorang ABK pun diketahui melompat ke laut tanpa memberi tahu apa yang terjadi didalam kapal tersebut, kapal pun akhirnya terbakar dan  sekitar pukul 10.00 WIB petugas dan kru kapal lain di sekitarnya mulai mengevakuasi para korban.

Sebagian besar penumpang selamat setelah berembutan mencari jalan keluar dan melompat ke laut untuk menyelamatkan diri namun sebagian lainnya terjebak dan tidak bisa menyelamatkan diri dari peristiwa terbakarnya kapal laut Zahro Express, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencari fakta kecelakaan ini dari berbagai pihak, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menyatakan masih menanti hasil investigasi yang sangat lengkap dari kecelakaan ini.

"menurut keterangan dari penumpang yang kita dapat bahwa kebakaran di awali adanya kepulan asap dari ruang mesin nah terus kemudian di ikuti dengan api yang membesar keluar dari ruang mesin. Apa yang menyebabkan kebakaran di ruang mesin kami akan meniti lebih jauh mungkin kita akan tanya kepada krunya kira-kira apa yang menjadi ada hal-hal yang lain yang mungkin ada masalah ada apa yang sebelum berlayar atau saat berlayar nah itu mungkin nanti kita bisa awali dari situ kalau memang diperlukan kita juga akan mengangkat bangkai ini untuk di investigasi" ujar Soerjanto Tjahjono Ketua KNKT

Dari data sementara korban meninggal dari terbakarnya kapal wisata Zahro Express tercatat sebanyak 23 orang, 3 orang di antaranya sudah teridentifikasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, korban luka sebanyak 17 orang, korban selamat tercatat sebanyak 194 orang. Pencarian terhadap 17 orang penumpang yang hilang masih terus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar