Senin, 19 Desember 2016

Tampilan Uang Baru NKRI Dengan 11 Gambar Pahlawan Nasional

Dasar pemilihan gambar Pahlawan pada desain mata uang baru yang di luncurkan didasari oleh kebinekaan atau keberagaman Indonesia selain bergambar Pahlawan desain juga menampilkan sisi keindahan dari pemandangan alam Indonesia dalam bentuk gambar
Bank Indonesia (BI) meluncurkan 11 uang rupiah emisi 2016 dengan gambar pahlawan Nasional, mata uang rupiah terbaru terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang rupiah logam. Uang rupiah kertas yang di terbitkan dari nominal 100.000 rupiah, 50.000 rupiah, 20.000 rupiah, 10.000 rupiah, 5.000 rupiah, 2.000 rupiah dan 1.000 rupiah.

  1. Untuk pecahan 100.000 rupiah tetap mencantumkan gambar Bapak Proklamator sekaligus Presiden dan Wakil Presiden Pertama Soekarno dan Mohammad Hatta.
  2. Untuk pecahan 50.000 rupiah dipilih gambar pahlawan Djuanda Kartawidjaja, Djuanda Kartawidjaja adalah pengukuh kedaulatan Indonesia.
  3. Pada Pecahan 20.000 rupiah terdapat gambar Gubernur pertama Sulawesi Sam Ratulangi.
  4. Sementara itu untuk uang pecahan 10.000 rupiah terdapat gambar Frans Kaisiepo, Frans Kaisiepo adalah pahlawan Nasional Indonesia dari Papua yang terlibat dari Konferensi Malino tahun 1946 saat membicarakan pembentukan Republik Indonesia (RI) serikat sebagai wakil dari Papua.
  5. Gambar guru besar Nahdlatul Ulama Idham Chalid di pecahan 5.000 rupiah.
  6. Sementara untuk pecahan uang kertas 2.000 rupiah di terbitkan gambar MH. Thamrin, MH. Thamrin adalah tokoh pergerakan Nasional sekaligus politisi era Hindia Belanda yang di anugerahi gelar pahlawan Nasional.
  7. Adapun pecahan 1.000 rupiah kertas yang baru terdapat gambar Tjut Meutia.
  8. Untuk uang rupiah pecahan logam 1.000 rupiah di pilih gambar I Gusti Ketut Pudja.
  9. Pada Pecahan 500 rupiah terdapat gambar Letjen TNI TB Simatupang.
  10. Pecahan 200 rupiah tercantum gambar Dokter Tjipto Mangoenkoesoemo.
  11. Sementara gambar Herman Johannes ada di pecahan 100 rupiah.

Dasar pemilihan gambar Pahlawan pada desain mata uang baru yang di luncurkan didasari oleh kebinekaan atau keberagaman Indonesia selain bergambar Pahlawan desain juga menampilkan sisi keindahan dari pemandangan alam Indonesia dalam bentuk gambar.

Peluncuran mata uang baru ini di gelar di kompleks Bank Indonesia (BI) dan di resmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di saksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

"saya rasa penting saya sampaikan bahwa kalau kita cinta rupiah maka kita tidak membuat dan menyebar gosip-gosip aneh dan kabar-kabar bohong tentang rupiah karena menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia ingat bahwa rupiah tidak akan diganti dan tidak akan tergantikan, hadirin sekalian yang saya hormati terkait pemalsuan rupiah saya menginstruksikan agar unsur pengaman pada uang rupiah perlu terus diperkuat teknologi pengamanan yang digunakan negara jangan sampai kalah dengan para pemalsu rupiah saya juga minta diperhatikan dengan benar-benar tentang ketersediaan rupiah di berbagai penjuru Indonesia" ujar Joko Widodo Presiden Republik Indonesia

Untuk mempermudah Identifikasi ciri khas keaslian rupiah serta mempersulit upaya pemalsuan uang, BI melakukan penguatan unsur pengaman pada uang rupiah yang baru diluncurkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar